Indonesia memiliki ragam budaya yang unik dan bermcam-macam suku
salah satu nya di daerah provensi lampung.

lampung adalah perovensi terletak paling selatan di pulau Sumatera, Indonesia , Abu kota nya di Bandar almpung. memiliki 2 kota dan kabupaten . kota yang di maksud adalah kota Metro dan Kota Bandar lampung. di sebelah utara dengan bengkulu dan sumatera selatan.

Memiliki pelabuhan utama yaitu Pelabuhan Panjang dan Pelabuhan Bahauheni serta juga pelabuhan nelayanseperti Pasar Ikan ( TELUKBETUNG ). Tarahan, dan kalianda di teluk lampung.
bandar utama raden itan II yaitu nama baru dari branti . berada di 28 Km dari ibukota melalui jalan negara menuju kota bumi, dan tiga bandar utara perintis yaitu : Bandar udara pesisir barat, bandar udara pekon serai dan bandar udara gatot soebroto di kabupaten  way kanan  dan juga lapangan terbang AURI terdapat di menggala yang bernama ASTRA KSETRA.

Provinsi lampung terletak pada kedudukan : timur - barat berada di antar 103º 40' - 105º 50' Bujur
Timur Utara - Selatan berada antara : 6º 45' - 3º 45' Lintang SelatanSedangkan di Teluk Semaka adalah Kota Agung ( kabupaten tanggamus ) dan di Laut Jawa terdapat pula pelabuhan nelayan seperti Labuhan Maringgai dan Ketapang. Di samping itu, Kota Menggala juga dapat dikunjungi kapal-kapal nelayan dengan menyusuri sungai Way Tulang Bawang, adapun di Samudra Indonesia terdapat Pelabuhan Krui.

Sejarah lampung

Sejarah Lampung dimulai sejak zaman Hindu Animis yang berlangsung sampai awal abad XVI.
Sistem Kebudayaan yang berasal dan luar termasuk Hindu dan Budha, turut mewarnai tetapi yang
dominan adalah tradisi asli dan zaman Malaya Polynesia. Daerah Lampung telah lama dikenal orang luarpada permulaan tahun masehi sebagai tempat orang-orang lautan mencari hasil hutan, terbukti dengan ditemukannya sebagai bahan keramik dan zaman Han (1368-1643). Menurut berita dari China (china chronicle) abad ke-VII,dikatakan bahwa di daerah selatan (Namphang) terdapat kerajaan yang disebut Tolang p’ohwang (To=Orang, Lang P’ohwang=Lampung).


Penemuan peninggalan-penemuan sejarah atau budaya dalam bentuk patung-patung, pahatan bercorakmegalitik terdapat di sekitar Purawiwitan, Sumberjaya, Kenali, Batu Bedil, dan Kecamatan Jabung. Pada daerah-daerah tertentu terdapat peningglan yang menunjukkan bahwa Lampung berada di bawah kerajaan maritim terbesar kala itu, kerajaan Sriwijaya. Prasati palas pasemeh dan prasasti batu bedil di daerah Tanggamus merupakan peninggalan kerajaan Sriwijaya pada sekitar abad VIII.
Kerajaan-kerajaan Tulang Bawang diperkirakan di sekitar Menggala/Sungai Tulang Bawang sampai Pagar Dewa

Lahirnya Provinsi lampung

Wilayah Kerajaan Sunda Provinsi Lampung lahir pada tanggal 18 Maret 1964 dengan ditetapkannya Peraturan Pemerintah Nomor 3/1964 yang kemudian menjadi Undang-undang Nomor 14 tahun 1964.
Sebelumnya Provinsi Lampung adalah Karesidenan yang tergabung dengan Provinsi Sumatera Selatan. namun Provinsi Lampung sebelum tanggal 18 Maret 1964 tersebut secara administratif masih merupakan bagian dari Provinsi Sumatera Selatan, namun daerah ini jauh sebelum Indonesia merdeka memang telah menunjukkan potensi yang sangat besar serta corak warna kebudayaan tersendiri yang dapat menambah khasanah adat budaya di Nusantara yang tercinta ini. Oleh karena itu pada zaman VOC daerah Lampung tidak terlepas dari incaran penjajahan Belanda.

Adat lampung

Baju adat lampung



Pakaian daerah lampung memiliki kahas tersendiri dan unik memiliki nilai seni yang tinggi, pakaian ini sering di gunakan
pada upacar-upacar pernikahan orang lampung, pakian ini sebagai simbol kebesaran seni. dan juga sering di gunakan dalam
pertunjukan seni tari daerah lampung.

Senjata tradisonal lampung

Tombak


Payan 
sumber (tradisikita)

Payan ( tombak ) lampung dalam bahasa lampung di sebut payan. berdasarkan bentuknya. senjata tradisonallampung inni dapat di klasifikasikan menjadi dua bentuk yaitu tombak payan ( payan kejang ), tombak pendek ( payan buntak atau linggis )Klasifikasi bentuk tombak ada dua bentuk yaitu tombak panjang dan tombak pendek,yang dimaksud tombak panjang yaitu tombak yang memiliki gagang yang terbuat dari kayu yang berukuran tidak lebihdari 150 cm, sedangkan mata tombaknya berukuran sama dengan jenis tombak pendek yaitu mencapai 34-40 cm.Sedang yang dimaksud tombak pendek yaitu tombak yang gagangnya tidak lebih dari 90 cm. jens tombak yangterakhir ini termasuk tombak langka, karena biasanya berkualitas sangat tinggi, yang kadang diberi bulu ekor kuda yang disebut tunggul.Mata Tombaknya sama dengan keris yaitu memiliki pamor dan berlapis.Banyak tombak Lampung ini dipandang memiliki kekuaan magis, apalagi jika tombak tersebut merupakan benda pusaka warisan dari leluhur. Biasanya tombak yang demikian ini dilengkapi dengan sarung untuk mata tombaknya, sedang tombak yang tidak memiliki kekuatasn magis, banyak tidak dilengkapi dengan sarung (wrangka/sakhung, lampung).

Keris 



Senjata tradisional Keris di Lampung disebut dengan tekhapang/punduk.Keris yang ada di Lampung ini sangat dipengaruhi oleh kebudayaan kerjaan di Pulau Jawa dan Non Jawa. Untuk keris yang dipengaruhi oleh kerajaan Sriwijaya biasanya memiliki gagang dengan ukiran yang lebih halus. Sedangkan keris yang dipengaruhi kerjaan Goa atau Melayu biasanya memiliki gagang yang lebih sederhana.

Badik

Badik

badik adalah senjata tradisional yang dapat di jumpai di berbagai wilayah indonesia di antaranya adalahlampung sulawesi selatan. Badik yang berada di lampung maupun di sulawesi memiliki bentuk yang sama, dan juga belum pasti asal mulanya, tetapi dugaan bahwa rakyat Goa Sulawesi Selatan yang membawa dan mengenalkan badik ke kerjaan Tulang Bawang Lampung.

Tari adat lampung

Tari sigeh pengunten (siger pengantin) adalah salah satu tari kreasi baru dari daerah Lampung.
Tari ini merupakan pengembangan dari tari sembah yang merupakan tari tradisi asli masyarakat Lampung.Melalui Peraturan Daerah, Tari Sigeh Pengunten diresmikan sebagai tarian Lampung dalam acara penyambutan tamu penting. Koreografi tari ini juga mengambil unsur dari berbagai tari tradisional Lampung untuk merepresentasikan budaya Lampung yang beragam.

Tari sembah telah umum ditampilkan sebagai bagian dari ritual penyambutan tamu dalam acara-acara resmi seperti prosesi pernikahan. Tari ini menggambarkan ekspresi kegembiraan atas kedatangan para tamu undangan.Selain itu, makna esensial dari tari ini merupakan bentuk penghormatan kepada para tamu undangan yang hadir.Dalam tari ini, para penari mengekspresikan hal tersebut dalam rangkaian gerakan yang luwes, ramah, dan
penuh kehangatan.

Baca juga : Sejarah singkat kota metro
                   Pariwisata lampung 

Tarian Cangget merupakan Tarian yang menggambarkan pergaulan yang dilakukan oleh muda mudi untuk mencari jodoh.Waktu Tari Cangget ditarikan biasanya para orang tua memperhatikan dan menilai gerak-gerik mereka dalam membawakantarian ini. Kegiatan seperti ini oleh masyarakat Lampung disebut dengan nindai. Tujuannya pun tidak hanya sekedar melihat gerak-gerik pemuda atau pemudi saat sedang menarikan Tari Cangget, melaiinkan juga untuk melihat kehalusan budi, ketangkasan dan keindahan ketika mereka berdandan dan mengenakan pakaian adat Lampung.

Macam tari cangget Cengget Nyambuk Temui, Cangget Bakha, Cangget Penganggik

Tarian Bedana merupakan tarian muda mudi yang dilakukan atas kegembiraan yang dipentaskan di daerah lampung. Tari bedana yang diyakini bernapaskan agama Islam merupakan tari tradisional, mencerminkan tata kehidupan masyarakat Lampung yang ramah dan terbuka sebagai simbol persahabatan dan pergaulan.

Tari Melinting adalah tarian yang menjadi aset bandar lampung sejak dahulu kala yang merupakan peninggalan dari ratu  melinting. Ratu melinting sangat anggun menarikan tarian ini hingga tersohor pada jaman itu. Dimana para penarinya hanya sebatas putera dan puteri Ratu Melinting yang di pentaskan di Balai Adat. Pada waktu dulu Tarian Melinting hanya dilakukan dilingkungan keraton atau keluarga, sekarang tarian ini dilakukan secara umum dan biasanya untuk penyambutan tamu.

Tari Merak banyak dipentaskan di seluruh Indonesia bahkan ada beberapa provinsi juga memiliki Tari Merak. Begitu juga dengan lampung memiliki tarian merak yang berfungsi untuk penyambutan gelar. sebuah tari yang mengisahkan kehidupan burung merak yang serba indah. Tarian ini melambangkan keluhuran budi dan susila rakyat Lampung.

Baca juga : Tempat paling indah di indonesia

Nah ini sekilas tentang propivinsi lampung , yang memiliki ragam budaya adatistiadat,
Sekian dari saya terimakasih atas kunjunga nya mohon maaf jika ada kekurangan dan salah kata
oke sampai ketemu lagi
Assalammualaikum wrb.