PERANGAKAT INPUT DEVICE


1.KEYBOARD 

Merupakan alat input standart yang di perlukan dalam sistem PC .Komponen ini tidak mengalami perkembangan. yang pesat hanya dalam konetor dalam PC nya saja yang mengalami perkembangan. Dimulai dengan keyboard XT , Keyboard PS2, Keyboard USB dan yang baru berkembang sekarang ini adalah keyboard wirleess.



2.MOUSE

Merupakan komponen  input yang sangat di perlukan jika menggunakan sistem operasi grafis . Mouse lebih banyak eprkembangannya dari pada keyboard. Mulai dari mouse serial, mouse PS/2, Mouse scroll, dan saat mouse optik .



3.WEBCAM

Kenapa di sebut kamera webcam karena sebutan bagi kamera waktu-nyata ( bermakna keadaan pada saat ini juga ) yang gambar nya bisa dilihat melalui Waring wera wanua, program pengolahan cepat , atau aplikasi pengambilan video. istilah kamera ramatraya merujuk pada teknologi secara umumnya, sehingga kata ramatraya kadang - kadang di ganti dengan kata lain yang memerikan pemandangan yang di tampilakan di kamera, misalnya streetcam yang memperlihatkan pemadangan jalan. ada juga metrocom yang memperlihatkan pemandangan panorama kota dan perdesaan,TraffiCam yang digunakan untuk memantau keadaan jalan raya, cuaca dengan Weather Cam, bahkan keadaan gunung berapi dengan VolcanoCam. Kamera ramatraya adalah sebuah kamera video bergana (digital) kecil yang dihubungkan ke komputer melalui (biasanya) colokan USB atau pun colokan COM.



4.INGERPRINT SCANNER

Pemindai sidik jari atau fingerprint scanner adalah perangkat keras yang dapat memindai sidik jari dan menampilkannya di komputer. Pemindai sidik jari biasanya berfungsi sebagai alat pengaman komputer atau sebagai salah satu mesin absensi.


5. JOYSTICK

Joystick adalah perangkat keras berbentuk seperti tuas gigi mobil atau seperti stick konsol. Fungsi joystick adalah untuk bermain game atau permainan pada komputer. Stick Xbox bisa digunakan sebagai joystick pada komputer Windows karena sama-sama buatan Microsoft.




6.SCANNER

Scanner merupakan suatu alat yang digunakan untuk memindai suatu bentuk maupun sifat benda, seperti dokumen, foto, gelombang, suhu dan lain-lain. Hasil pemindaian itu pada umumnya akan ditransformasikan ke dalam komputer sebagai data digital. Terdapat beberapa jenis pemindai bergantung pada kegunaan dan cara kerjanya, antara lain:

pemindai gambar
pemindai barcode
pemindai sinar-X
pemindai cek
pemindai logam
pemindai Optical Mark Reader (OMR)
pemindai 3 Dimensi
Di antara jenis-jenis pemindai tersebut, pemindai gambar adalah yang paling sering disebut sebagai pemindai.



Seperti halnya pada pemindai OMR, pemindai gambar juga dapat digunakan sebagai pemindai LJK. Agar hal tersebut dapat tercapai, dibutuhkan perangkat lunak dengan teknologi Digital Mark Reader (DMR).

7.MIKROFON

Mikirofon adalah transduseryang mengubah sinyal elektrik ke frekuensi audio (suara) dengan caramenggetarkan komponennya yang berbentuk selaput.

Dalam setiap sistem penghasil suara, penentuan kualitas suara terbaiktergantung dari speaker. Rekaman yang terbaik, dikodekan ke dalam alatpenyimpanan yang berkualitas tinggi, dan dimainkan dengan deck dan pengerassuara kelas atas, tetap saja hasilnya suaranya akan jelek bila dikaitkan denganspeaker yang kualitasnya rendah.



Sistem pada speaker adalah suatu komponen yangmembawa sinyal elektronik, menyimpannya dalam CDs, tapes, dan DVDs, lalumengembalikannya lagi ke dalam bentuk suara aktual yang dapat kita dengar.Dalam artikel ini, akan dijelaskan bagaimana sebuah speaker melakukan prosestersebut. Selain itu juga akan dibahas mengapa speaker dirancang berbeda-bedadan bagaimana perbedaan tersebut menimbulkan efek yang berbeda pula terhadapkualitasnya. Speaker adalah sebuah teknologi menakjubkan yang memberikan dampakyang sangat besar terhadap budaya kita. Namun disamping semua itu, sebenarnyaspeaker hanyalah sebuah alat yang sangat sederhana.

Membuatsuara

Pada dasarnya, speaker merupakan mesin penterjemah akhir, kebalikan darimikrofon. Speaker membawa sinyal elektrik dan mengubahnya kembali menjadigetaran untuk membuat gelombang suara. Speaker menghasilkan getaran yang hampirsama dengan yang dihasilkan oleh mikrofon yang direkam dan dikodekan pada tape,CD, LP, dan lain-lain. Speaker tradisional melakukan proses ini denganmenggunakan satu drivers atau lebih.

8.FLASH DISK

Flash disk adalah perangkat penyimpanan data atau device storage pada komputer. Pada Flash disk terdapat controller dan memori penyimpan data yang bersifat non–volatile yang berarti bahwa data yang sudah disimpan pada perangkat tersebut tidak akan hilang meskipun tidak ada daya listrik yang mengalirinya. Komponen flashdisk lebih sederhana dibandingkan media penyimpanan lainnya seperti harddisk dan ukurannya juga relatif lebih kecil.



Flashdisk sendiri awalnya hanya mempunyai ukuran kapasitas yang sangat kecil, hanya berkisar kurang dari 512 MB, akan tetapi seiring dengan teknologi yang semakin maju dan perkembangan komputer juga sangat pesat, kini flashdsik mempunyai ukuran hampir sama dengan harddisk dan dengan harga yang lebih.

9.CD-ROM & DVD 

CD ROM adalah akronim dari “compact disc read-only memory” adalah sebuah piringan kompak dari jenis piringan optik (optical disc) yang dapat menyimpan data. CD-ROM juga berarti bahwa CD-ROM drive yang hanya bisa digunakan untuk membaca sebuah CD saja. Secara garis besar CD-ROM dibedakan menjadi 2 menurut tipenya yaitu : ATA/IDE dan SCSI. Yang paling mendasari dari perbedaan tersebut adalah kecepatannya. Kalau ATA memiliki kecepatan 100-133Mbps sedangkan SCSI memiliki kecepatan kira-kira 150 Mbps. Untuk tipe SCSI biasanya ditemuka pada CR RW drive. Pada CD ROM terdapat tulisan 56X artinya kemampuan memberikan kecepatan transfer data sebesar 56 x150 Kbps. Tipe CD RW juga biasanya dibedakan berdasarkan kemapuan membakar dan membaca. CD RW tipe 12x8x32 artinya memiliki kemampuan membakar pada CD R seccepat 12x, membakar pada CD RW secepat 8x, dan membaca CD R/CD RW/dengan kecepatan maksimal 32x.



DVD berasal dari kata Digital Versatile Disc. Sesuai dengan namanya DVD adalah sebuah media penyimpanan digital yang isinya sangat variatif.. Bentuknya sangat mirip dengan CD. Bedanya DVD dapat memainkan film, audio lebih baik dan dengan data lebih banyak dan proses yang lebih cepat dibandingkan CD. DVD juga mampu menyimpan data lain seperti Foto atau data informasi dari komputer.





10.BARCODE 

Barcode scanner adalah alat yang berupa gagangan dan berisi laser berwarna merah untuk memindai barcode. Fungsinya adalah untuk memindai barcode. Barcode adalah kode garis-garis yang biasa terdapat di kemasan sebuah produk swalayan atau gudang perusahaan. Tujuannya adalah untuk mempermudah kasir menghitung total belanjaan dan mempermudah karyawan untuk mengecek isi gudang.





sumber : hedisasrawan 
               wiki