Assalamulaikum

      Pulpen alat ini salah satu hal yang sangat penting dan tidak asing lagi yaitu alat untuk menulis. Begitu penting pulpen. tapi tahukah kalian asal mula nya pulpen atau sejarah pulpen oke.

Langsung aja ke inti nya. sejarah pulpen berasala dari bahasa belanda:



Yaitu VULPEN yaitu alat yang di gunakan untuk menulis yang memliki mata pena berujung tajam yang di sertai wadah/ kantong pena. yang bisa diisikan kembali. Tinta berisi air di isi melalui mata pena denga sistem penyedotan yang memasukan tinta dari botol tinta ke dalam kamar tinta.

Sedangkan pulpen tidak perlu di tekan ketika menulis.titnta dapat mengalir dari kamar tinta ke mata pena denga bantuan kapilaritas dan gravitasi.

Pada tahun 10 M . pada 953, Khalifah Ma'ad al-Mu'izz dari Mesir ini menginginkan pena yang tidak bisa mengotori tangan nya dan pakainya.
saat itu ia di beri pena yang di lengkapi penyimpanan tinta.

Kadi al-Nu'man al-tamimi (974) di dalam kitab Al-Majelis wa I-musayardt, Al Mu'izz yang memimpin proyek pembuatan pena ini memberikan intruksi :

Baca juga sejarah smarthpone OPPO

Mereka ingin mermbuat pena tanpa harus  mencelupkan bolak balik ke tempat tinta. dan pena tersebut harus di lengkapi langsung kantong tinta di dalam nya.
Pemiliki pena ini ingin dapat meletakannya di lengan baju nya atau di mana pun asal tidak menodai pakainnya atau kotor dan tanpa bocor dari pena tersebut.

sepengetahuan mereka belum pernah ada pena seperti itu,

Penemu berkembangsaan Jerman, Daniel Schwenter Menceritakan pena yang di terbuat dari dua bulu pena. tahun 25 mei  1827, penemu berkebangsaan Rumania, Petrache Poenaru menerima paten di perancis untuk cipataan nya berupa pulpen pertama dengan kartrij yang  bisa di ganti.

Pada tahun 1870, Duncan Mackinnon seorang kanda penduduk New York City bersama Alonzo T. Cros dari Providence, Rhode Island membuat pena stilograf yang di lengkapi mata berbentuk tabung berlubang dan sebatang kawat yang berfungsi sebagai ketup.

Pada tahun 1880 pulpen ini di produksi besar besaran di tahun 1880 an. ketika itu produsen terbesar pulpen hasil desain poenaru, asal New york City dan wirt asal Bloomsburg, Pennsyvania.
Dan menjadi produsen terbesar hingga 1920 an.


Pada tahun 1929 di eropa, pemasok asal jerman yang dikenal dengan nama pelikan, memperkenalakan pulpen pertama mereka. sebelumnya pelikan membeli paten untuk pulpen dengan tinta padat dari pabrik Slavojub Penkala di kroasia (lalu di patenkan pada tahun 1907 dan di mulai di produksi massal sejak tahun 1911. dan paten pengisi tinta model piston.

Pada tahun 1940 an sampai 1950 harga pulpen saat itu tergolong sangat mahal dan masih sering bocor atau macet. Padahal teknologi tinta sudah matang dan diproduksi secara massal. tahun 1950 an yaitu Parker 51, Snorkel dari sheaffer, dan skyline dari Everharp.

Pada 1960 an teknologi pulpen semakin maju dan mulai di gantikan oleh pengguna sehari hari.
dan saat itu produsen Montblance dan pelikan lebih mempromosikan pulpen sebagai  benda koleksi dan simbol status dari pada untuk alat tulis shari hari.

Itu lah sedikit sejarah tentang penda dan saya ucapakan jika ada salah penulisan kata yang kurang tepat saya mohon besar.
dan jika ada kesalah artikel ny mohon komentar nya . agar saya bisa memperbaiki lagi artikel ini dan terimakasih sodara ku