Organ pernapasan pada manusia

    Oragan pernapasan pada manusia terdiri dari  hidung,tenggoroka, trakea, bronkus, dan paru-paru.
Dan di bawah ini penjelasannya.

a. Hidung dan tenggorokan

   Udara pertama masuk ke dalam tubuh melalui hidung,  fungsi  hidung adalah menyaring udara yang  masuk. hidung juga berfungsi mengatur suhu dan kelembapan udara yang masuk. dari hidung, udara kemudian masuk ke dalam tenggorokan. tenggorokan menghubungkan hidung dengan trakea.

b.Trakea

  Di trakea terdapat rambut-rambut getar yang berfungsi menyaring udara. udara mengalami peyaring dari debu dan kotoran lain di trakea. dari trakea, udara masuk ke dalam bronkus.


Baca juga ; Mata minus sembuh 
                   Cara membuat jamu daun pepaya

c.Bronkus dan paru-paru

  Bronkus adalah saluran yang mengalirkan udarake paru-paru. paru paru adalah oragan utama dalam pernapasan manusia. paru paru terletak dalam rongga dada di atas diafragma adalah otot yang berpeeran dalam pernapasan. paru-paru di lapisi oleh selaput tipis yang di sebut pleura. di dalam paru-paru, bronkus membbentuk cabang-cabang saluran kecil yang di sebut bronkiolus.ujung ujung bronkiolus membentuk gelembung-gelembung seperti  anggur , yang disebut alveolus, Alveolus berfungsi untuk pertukaran gas.

 Udara dapat masuk dan keluar paru-paru karena kerja otot antartulang rusuk dan diafragma. Pernapasan dengan menggunakan bantuan otot antar tulang di sebut pernapasan dada.pernapasan dengan menggunakan diafragama di sebut pernapasan perut.

  Bagaimana pernapasan berlangsung ?
Pada saat kita menrik napas, udara masuk melalui hidung dan tenggorokan . selanjutnya,udara masuk keparu paru. Oksigen akan di serap oleh alveolus, sedangkan karbon dioksida di lepaskan . karbon dioksida di embuskan keluar melalui tenggorokan dan  hidung.